HAKIKAT KURIKULUM


Dari segi bahasa curriculum dalam bahasa Yunani berasal dari kata curir  artinya pelari dan curere artinya tempat berpacu.
Dalam perkembangan selanjutnya pengertian kurikulum dapat dilihat secara sempit dan luas. Secara sempit kurikulum diartikan sebagai sejumlah mata pelajaran yg harus dipelajari pebelajar untuk memperoleh Ijazah.
Secara luas,  kurikulum tidak hanya dibatasi pd. se-jumlah mata pelajaran yang lebih banyak menekan-kan pada isi, akan tetapi meliputi semua pengalam-an belajar yg dilakukan pihak sekolah untuk mempe ngaruhi perkembangan pribadi pebelajar ke arah yg lebih positif sesuai dg tujuan pendidikan yg diharap-kan.

Dari beberapa pengertian tsb, kurikulum dapat diklasifikasikan ke dalam dua segi:
1.  Kurikulum ideal adalah Rencana yang tertulis me-nyangkut segala sesuatu berkenaan dengan kepentingan pendidikan.
2.  Kurikulum aktual  Kurikulum dalam dimensi implementasi pd setiap terjadinya proses pem-belajaran yang dilakukan. Kurikulum memiliki pesan yg sangat penting mengingat fungsinya sbg alat untuk menjabarkan program pendidik-an agar dapat dilakukan secara terencana, sis-tematis dan sistemik.
Kurikulum di sisi lain diartikan sebagai program pendidikan yang mengatur dan mengelola segala hal yang berkaitan dengan kepentingan pendidikan. Dalam perkembangan terakhir dengan orientasi KBK, kurikulum diartikan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai pebelajar, penilaian, kegiatan pembelajaran, serta pemberdayaan sumber belajar daya pendidikan dalam pengembangan kurikulum sekolah.



About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s