kurikulum ideal dengan kurikulum actual


Kurikulum Ideal adalah kurikulum yang berisi sesuatu yang ideal,sesuatu yang dicita-citakan sebagaimana yang tertuang di dalam dokumen kurikulum pendidikan,dan keadaan para siswa itu sendiri atau kurikulum yang berisi sesuatu yang baik,yang diharapkan sebagaimana dimuat dalam buku kurikulum. Berdasarkan faktor-faktor tersebut dia merumuskan sejumlah criteria sebagai berikut:
1.      Criteria yang berhubungan dengan sifat para siswa;dan
2.      Criteria yang berhubungan dengan tujuan pendidikan.
Kurikulum Aktual adalah kurikulum yang dilaksanakan dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Kenyataan pada umumnya memang jauh berbeda dengan harapan. Namun demikian,kurikulim actual seharusnya mendekati dengan kurikulum ideal. Kurikulum dan pengajaran merupakan dua istilah yang tidak dapat dipisahkan. Kurikulum merujuk pada bahan ajar yang telah direncanakan yang akan dilaksanakan dalam jangka panjang. Sedang pengajaran merujuk pada pelaksanaan kurikulum tersebut secara bertahap dalam belajar mengajar.

Landasan Kurikulum Ideal dan Aktual
Pendidikan merupakan suatu proses social,karena berfungsi memasyarakatkan anak didik melalui proses sosialisasi di dalam masyarakat tertentu. Sekolah sebagai salah satu institusi pendidikan berperan juga sebagai institusi social,karena melalui lembaga tersebut anak dipersiapkan untuk mampu terjun dan aktif dalam kehidupan masyarakatnya kelak.
Anak-anak berasal dari masyarakat,dan mereka belajar tentang cara hidup dalam bermasyarakat. Oleh karena itu,sekolah harus bekerja sama dengan masyarakat dan program sekolah harus disusun dan diarahkan oleh masyarakat yang menunjang sekolah tersebut. Program pendidikan disusun dan dipengaruhi oleh nilai,masalah,kebutuhan,dan tantangan masyarakat sekitarnya. Oleh karena itu, kurikulum yang ideal dan actual harus disusun berlandaskan dasar sosiologis agar tercipta keseimbangan diantara keduanya dan terciptalah tujuan pendidikan yang sebenarnya.
                                                      
Contoh Kurikulum Ideal
contoh dari kurikulum ideal  ini adalah kurikulum sebagai suatu dokumen seperti kurikulum SMU 1989,kurikulum SD 1975 yang berlaku pada tahun itu dan lain sebagainya.
Contoh Kurikulum Aktual

Kurikulum yang merujuk kepada bahan ajar yang telah direncanakan dan dilaksanakan dalam jangka panjan,Sedang pengajaran merujuk kepada pelaksanaan kurikulum tersebut secara bertahap dalam belajar mengajar

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s