Tekompen


Pembelajaran dengan modul : Modul adalah Satu unit program pembelajaran yang diterencanakan, didesain untuk membantu siswa mencapai tujuan pelatihan dan dipelajari secara mandiri oleh peserta pembelajaran. Ciri Ciri Modul : unit pembelajaran terkecil yang di rencanakan dan ditulis secara sistemmatis dan operasional. Prinsip pembelajaran dengan modul: Hasil belajar yang digunakan tujuan pembelajaran, bahan ajar dan umpan balik. Manfaat modul : Untuk belajar mandiri, tidak terlalu banyak tatap muka dengan dosen/guru. Meningkatkan motivasi belajar, Meningkatkan kreatifitas pelatih dalam mempersiapkan pemebelajaran individual.
KOMUNIKASI MELALUI RADIO: Radio merupakan alat elektronik yang digunakan sebagai media komunikasi dan informasi. Melalui radio, seseorang bisa mengetahui dan memahami sesuatu. Ciri-ciri radio pembelajaran: Disajikan dalam CD/ kaset audio sehingga pengguna dapat mendengarkannya secara berulang-ulang. karakteristik radio: radio adalah suara yang disiarkan dari stasiun radio, Radio dapat memberikan gambaran kepada para pendengarnya.fungsi siaran radio pendidikan: Meningkatkan kesadaran nasional warga Negara,Modernisasi nasional.Peranan Radio Siaran Di dalam Teknologi Komunikasi Pendidikan:Adanya program pendidikan dalam pengembangan Tekompen,Sebagai media pembelajaran dalam Tekompen.
Pendidikan formal:Pendidikan formal merupakan pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah pada umumnya. Jalur pendidikan ini mempunyai jenjang pendidikan yang jelas, mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai pendidikan tinggi.tahap tahap pendidikan: Pendidikan dasar Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan awal selama 9 (sembilan) tahun. Pendidikan menengah Pendidikan menengah merupakan jenjang pendidikan lanjutan pendidikan dasar.Pendidikan tinggi Pendidikan tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program sarjana, magister, doktor, dan spesialis yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi.
Pendidikan nonformal:Pendidikan non formal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang Pendidikan ini di selenggarakan di luar sekolah.fungsi pendidikan nonformal: Mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional. Pendidikan Informal atau Pendidikan Keluarga: Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri yang dilakukan secara sadar dan bertanggung jawab. Indonesia menentukan dengan kebijakan Wajib Belajar Pendidikan dasar Sembilan Tahun (Wajar Dikdas) menentukan usia sekolah itu antara 6 s/d 17 tahun. Pendidikan ini diselenggarakan sendiri oleh orangtua/keluarga
PENGERTIAN SISTEM BELAJAR JARAK JAUH (SBJJ): Sistem Belajar Jarak Jauh atau biasa dikenal dengan SBJJ adalah suatu keseluruhan proses pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan dalam bentuk pengajaran modular dalam satuan waktu tertentu dengan bimbingan dan pembinaan oleh tenaga professional yang bertujuan untuk meningkatkan mutu, kemampuan, ketenagaan dalam bidang tertentu.
Pengertian pendekatan konstruktivistik: pendekatan konstruktivisme merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang lebih menekankan pada tingkat kreatifitas siswa dalam menyalurkan ide-ide baru yang dapat diperlukan bagi pengembangan diri siswa yang didasarkan pada pengetahuan.Komponen pendekatan konstruktivistik :pengetahuan awal,fakta dan masalah,sistemmatika berfikir,kemauan dan keneranian
Pembelajaran PQ4R: Pembelajaran PQ4R merupakan setrategi yang paling banyak dikenal untuk membantu siswa memahami dan mengingatkan materi yang telah mereka baca dari buku pelajaran.penerapan tekkonpen dalam PQ4R:Penggunaan modul dalam pembelajaran mandiri yang dilakukan oleh siswa.
Conceptmapping: Peta konsep adalah merupakan diagram yang menunjukan hubungan antara konsep-konsep yang mewakili pembelajaran.Peta konsep juga diartikan tampilan dari sebuah gambar atau bagan tentang konsep-konsep materi yang tersusun sesuai dengan tabiat ilmu pengetahuan itu sendiri tanpa mengindahkan urutan atau skuensi topik bahasan yang diinginkan.
Contextual Teaching and Learning (CTL): merupakan proses pembelajaran yang holistik dan bertujuan membantu siswa untuk memahami makna materi ajar dengan mengaitkannya terhadap konteks kehidupan mereka sehari-hari.komponen CTL:konstruktivisme (constructivism), menemukan (Inquiry), bertanya (Questioning), masyarakat-belajar (Learning Community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection), dan penilaian yang sebenarnya (Authentic).
Active Learning: Pembelajaran aktif adalah segala bentuk pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.karastristik active learning:Penekanan proses pembelajaran bukan pada penyampaian informasi oleh pengajar.hal yang di perhatikan dalam active learning: Tujuan pembelajaran aktif harus ditegaskan dengan jelas
Direct Instruction adalah salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s