Berbagai macam karakteristik media pembelajaran


MEDIA GRAFIS
Media grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide atau gagasan melalui penyajian kata- kata, kalimat, angka – angka, dan simbol / gambar. Grafis biasanya digubakan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan mengilustrasikan fakta – fakta sehinhha menarik dan diingat orang.
Yang termasuk media grafis antara lain :
• Grafik, yaitu penyajian data berangka mellui perpaduan antara angka, garis, dan simbol.
• Diagram, yaitu gambaran yang sederhana yang dirancang untuk memperhatikan hubungan timbal balik yang biasanya disajikan melalui garis – garis simbol.
• Bagan, yaitu perpaduan sajian kata – kata, garis, dan simbol yang merupakan ringkasan suatu proses, perkembangan, atau hubungan – hubungan penting.
• Sketsa, yaitu gambar yang sederhana atau draft kasar yang melukisakan bagian – bagian pokok dari suatu bantuk gambar.
• Poster, yaitu sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.
• Papan Flanel, yaitu papan yang berlapis kain flanel untuk menyajikan gambar atau kata – kata yang mudah pula dilepas.
• Bulletin Board, yaitu papan biasa tanpa dilapisi kain flanel. Gambar – gambar atau tulisan biasanya langsung ditempelkan dengan menggunakan lem atau alat penempel lainnya.
karakteristik media grafis:
a.Teks dibaca secara linear
b.Menampilkan komonikasi secarasatu arah dan reseptif
c.Ditampilkan secara statis atau diam
d.Pengembangannya sangat tergantung kepada prinsip-prinsip pembahasan
e.Berorientasi atau berpusat pada siswa

Kelebihan Media Grafis
• Dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan.
• Dapat dilengkapi dengan warna –warna sehingga lebih menarik perhatian siswa.
• Pembuatannya mudah dan harganya murah.

Kelemahan Media Grafis
• Membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya, terutama untuk grafis yang lebih kompleks.
• Penyajian pesan hanya berupa unsur visual.

2. MEDIA AUDIO
Media audio adalah media yang penyampaian pesannya hanya dapat diterima oleh indera pendengaran. Pesan atau informasi yang akan disampaikan dituangkan ke dalam lambang –lambang aiditif yang berupa kata – kata, musik, dan sound effect. penyajian pengajaran secara audio-visual jelas bercirikan pemakaian perangkat keras selama proses pembelajaran, seperti , mesin proyektor film, tape rekorder, proyektor visual yang lebar.

Karakteristik:
a.Bersifat linear
b.Menyajikan visual yang dinamis
c.Digunakan dengan cara yang telah ditentukan sebelumnya oleh perancang
d.Merupakan representasi fisik dari gagasan real atau abstrak
e.Dikembangkan menurut prinsip psikologis behafiorisme dan kognitif
f.Berorientasi pada guru

Jenis media audio ini diantarnya :
MEDIA RADIO
Radio adalah media audio yang penyampaian pesannya dilakukan melalui pancaran gelombang elektromagnetik dari suatu pancaran. Pemberi pesan (penyiar) secara langsung dapat mengkomunikasikan pesan atau informasi melalui suatu alat (microfon) yang kemudian diolah dan dipancarkan kesegenap penjuru melalui gelombang elektromagnetik dan penerima pesan (pendengar) menerima pesan atau informasi tersebut dari pesawat radio di rumah – rumah atau para siswa mendengarkannya di kelas – kelas.
Kelebihan Media Radio
• Memiliki variasi program yang cukup banyak.
• Sifatnya mobile, karena mudah dipindah-pundah tempat dan gelombangnya.
• Baik untuk pengembangan imajinasi siswa.
• Dapat lebih memuaskan perhatian siswa terhadap kata-kata, kalimat atau musik, sehingga sangat cocok digunakan untuk pengajaran bahasa.
• Jangkauannya sangat luas, sehingga dapat didengar oleh masa yang banyak.
• Harganya relatif murah.

Kelemahan Media Radio
• Sifat komunikasinya hanya satu arah (one way communication)
• Jika siarannya monoton akan lebih cepat membosankan siswa untuk mendengarkannya.
• Program siarannya selintas, sehingga tidak bisa diulang-ulang dan disesuaikan dengan kemampuan belajar siswa secara individual.

    3.MEDIA PROYEKSI
Media proyeksi
Media proyeksi  adalah media visual yang diproyeksikan atau media yang memproyeksikan tidak bergerak atau memiliki sedikit unsur gerakan.
Jenis media ini diantaranya : OHP / OHT, Opaque Projektor, Slide, dan Film strip.
MEDIA OHP DAN OHT
1.OHT ( Overhead Transparancy ) adalh media visual yang diproyeksikan melalui alat proyeksi yang disebut OHP ( Overhead Projektor ). OHT terbuat dari bahan transparan yang biasanya ukuran 8,5 × 11 inci.
Ada 3 jenis bahan yang dapat digunakan sebagi OHT, yaitu :
• Write on film.
• PPC transparency film
• Infrared transparency film
2. OHP ( Overhead Projektor ) adalah media yang digunakan untuk memproyeksikan program – program transparansi pada sebuah layar. Biasanya alat ini digunakan untuk menggantikan papan tulis.
Ada dua jenis model OHP, yaitu :
1. OHP Classroom
2. OHP Portable
Kelebihan Media OHT / OHP
• Dapat digunakan untuk menyajikan pesan disemua ukuran ruangan kelas.
• Menarik, karena memungkinkan penyajian yang variatif dan disertai dengan warna – warna yang menarik.
• Tatap muka dengan siswa selalu terjaga dan memungkinkan siswa untuk mencatat hal – hal yang penting.
• Tidak memerlukan operator secar khusus dan tidak pula memerlukan penggelapan ruangan.
• Dapat menyajikan pesan yang banyak dalam waktu yang relatif singkat.
• Program OHT dapat digunakan berulang – ulang.

Kelemahan Media OHT / OHP
• Memerlukan perencanaan yang matang dalam pembuatan dan penyajiannya.
• OHT dan OHP merupakan hal yang tak dapat dipisahkan, karena sebuah gambar dalam kertas biasanya tidak bisa diproyeksikan melalui OHP.
• Urutan OHT mudah kacau, karena merupakan urutan yang lepas.

3.MEDIA OPAQUE PROJEKTOR
Opaque projektor atau proyektor tak tembus pandang adalah media yang digunakan untuk memproyeksikan bahan dan benda – benda yang tidak tembus pandang, seperti buku, foto, dan model – model baik yang dua dimensi maupun yang tiga dimensi. Berbeda dengan OHP, opaque projektor biasanya dapat pula digunakan untuk memproyeksikan film bingkai / slide akan tetapi tidak dilengkapi dengan tape recorder.
Kelebihan dan kelemahan media opaque projektor ini hampir mirip dengan kelemahan dan kelebihan media OHP dan media slide. Oleh karena opaque projektor dengan segala karakteristiknya dapat berfungsi sebagai OHP dan Slide Projektor.
4.. MEDIA SLIDE
Media slide atau film bingkai adalh media visual yang diprokyeksikan melalui alat yang disebut dengna proyektor slide
Kelebihan Media Slide
• Membantu menimbulkan pengertian dan ingatan yang kuat pada pesan yang disampaikan dan dapat dipadukan dengan unsur suara.
• Merangsang minat dan perhatian siswa dengan warna dan gambar yang konkret.
• Program slide mudah direfisi sesuai dengan kebutuhan, karena filmnya terpisah – pisah.
• Penyimpanannya mudah karena ukurannya kecil.

Kelemahan Media Slide
• Memerlukan penggelapan ruangan untuk memproyeksikannya.
• Pembuatannya memerlukan waktu yang cukup lama, jika program yang dibuatnya cukup panjang.
• Memerlukan biaya yang boleh dikatakan besar.
• Hanya dapat menyajikan gambar yang diam ( geraknya terbatas walaupun dengan menggunakan lebih dari sebuah proyektor )

5. MEDIA FILMSRTIP
Filmstrip atau film rangkai atau film gelang adalah media visual proyeksi diam, yang pada dasarnya hampir sama dengan media slide. Hanya filmstrip ini terdiri atas beberapa film yang merupakan satu kesatuan (merupakan gelang dimana antara ujung yang satu dengan ujung yang lainnya bersatu). Jumlah frame atau gambar dari suatu filmstrip ada yang berjumlah 50 buah dan ada pula yang berjumlah 75 buah dengan panjang 100 sampai dengan 130 cm.
Kelebihan filmstrip dibanding film slide adalah media filmstrip mudah penggandaannya karena tidak memerlukan bingkai, juga frame – frame filmstrip tidak akan tertukar karena merupakan satu kesatuan. Akan tetapi pengeditan dan perbaikan / revisi filmstrip relatif agak sukar, karena harus dilakukan dilaboratorium khusus.

4. MEDIA TV/VIDEO.
Media TELEVISI
Media Televisi adalah media yang dapat menampilkan pesan secara audiovisual dan gerak (sama dengan film). Jenis media televisi diantaranya : televisi terbuka (open boardcast television), televisi siaran terbatas / TVST (Cole Circuit Televiron/CCVT, dan video-cassette recorder (VCR).

kelebihan
a) tidak hanya disajikan dalam bentuk suara , tapi televisi juga didukung oleh video yang menarik perhatian penonton.
 b) Televisi bisa menyajikan laporan langsung dari tempat kejadian dan penonton langsung bisa mengetahui situasi dan keadaan di tempat kejadian perkara (TKP)
 c) Bahasa yang digunakan pada media televisi juga bahasa tutur seperti halnya media audio atau radio.
Untuk kekurangan dari media televisi adalah:
a) Produksi media televisi masih tergolong mahal, baik dari peralatan dan skill dari SDM nya pun juga harus yang benar- benar mengetahui tentang televisi.
b) Proses penyampaian berita ke masyarakat ada kalanya membutuhkan waktu lama karena harus melewati proses pengambilan gambar, editing dan baru bisa disiarkan ke khalayak.

5. MEDIA COMPUTER
Media komputer adalah suatu medium interaktif, di mana siswa memiliki kesempatan untuk berinteraksi dalam bentuk mempengaruhi atau mengubah urutan yang disajikan. Sebagaimana halnya dengan penggunaan sumber-sumber audio visual yang dapat meningkatkan motivasi dan menyajikan informasi dan prakarsa melalui stimulus visual dan audio
Komputer dapat digunakan sebagai alat instruksional yang disebut pengajaran dengan bantuan komputer (Computer Aided Instruction : CAI).
 

Karakteristik media computer:
a.Dapat digunakan secara acak, non-sekuensial atau secara linear
b.Dapat digunakan sesuai keinginan siswa atau perancang
c.gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan simbol dan grafik
d.Prinsip-prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan media ini
e.Beroriatasi pada siswa dan melibatkan interaktifitas siswa yang tinggi
4.Media hasil gabungan tenologi cetak dan teknologi computer
Kelebihan media Komputer:
1. Komputer memungkinkan siswa belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditayangkan.
2. Penggunaan komputer dalam lembaga pendidikan jarak jauh memberikan keleluasaan terhadap siswa untuk menentukan kecepatan belajar dan memilih urutan kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan.
3. Media komputer dapat menciptakan iklim belajar yang efektif bagi siswa yang lambat (slow learner), tetapi juga dapat memacu efektivitas belajar bagi siswa yang lebih cepat (fast learner).
4. Komputer dapat diprogram agar mampu memberikan umpan balik terhadap hasil belajar dan memberikan pengukuhan (reinforcement) terhadap prestasi belajar siswa. Dengan kemampuan komputer untuk merekam hasil belajar pemakainya (record keeping),
5. Komputer juga dapat dirancang agar dapat memberikan preskripsi atau saran bagi siswa untuk melakukan kegiatan belajar tertentu. Kemampuan ini mengakibatkan komputer dapat dijadikan sebagai sarana untuk pembelajaran yang bersifat individual (individual learning).
6. Media Komputer kemampuan dalam mengintegrasikan komponen warna, musik dan animasi grafik (graphic animation). Hal ini menyebabkan komputer mampu menyampaikan informasi dan pengetahu-an dengan tingkat realisme yang tinggi. Hal ini me-nyebabkan program komputer sering dijadikan sebagai sarana untuk melakukan kegiatan belajar yang bersifat simulasi.
7. Komputer dalam proses belajar dapat meningkatkan hasil belajar dengan penggunaan waktu dan biaya yang relatif kecil.

Kelemahan media komputer:
1. Kelemahan pertama adalah tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer, terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran.
2. Pengadaan, pemeliharaan, dan perawatan komputer yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) memerlukan biaya yang relatif tinggi.
3. compatability dan incompability antara hardware dan software. Penggunaan sebuah program komputer biasanya memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi yang sesuai. Perangkat lunak sebuah komputer seringkali tidak dapat digunakan pada komputer yang spesifikasinya tidak sama.
4. Memproduksi program komputer merupakan kegiatan intensif yang memerlukan waktu banyak dan juga keahlian khusus.
6. MEDIA TIGA DIMENSI
      Media 3 dimensi merupakan media tanpa proyeksi yang penyajiannya
secara visual 3 dimensional dan dapat dibedakan menjadi 2, yaitu benda
asli dan benda tiruan yang mewakili aslinya
 .    Media 3 dimensi yang sering dipakai adalah model dan boneka. Model
      adalah tiruan 3 dimensional dari beberapa objek nyata yang terlalu besar,
      terlalu jauh, terlalu kecil, terlalu mahal, terlalu jarang, terlalu ruwet untuk
      dibawa ke kelas, dan dipelajari siswa dalam wujud aslinya.
     
kelebihan media tiga dimensi: memberikan pengalaman secara
langsung, penyajian secara konkrit dan menghindari verbalisme, dapat
menunjukkan objek secara utuh baik kontruksi maupun cara kerjanya,
dapat memperlihatkan struktur organisasi secara jelas, dapat
menunjukkan alur suatu proses secara jelas.

Sedangkan kelemahankelemahannya
adalah: tidak bisa menjangkau sasaran dalam jumlah yang
besar, penyimpanannya memerlukan ruang yang besar dan perawatannya
rumit.

Media 3 dimensi dalam penggunaannya sangat sederhana, tapi
dalam pembuatannya sebagian mudah kita buat sendiri tapi sebagian lagi
sulit dan rumit dalam pembuatannya.
Ciri-ciri umum:
sederhana dalam penggunaannya
dapat dibuat sendiri
bahan pembuatannya mudah diperoleh di lingkungan

7. LINGKUNGAN SEBAGAI  MEDIA

Pengertian lingkungan sebagai sumber belajar
Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia (KUBI) lingkungan diartikan sebgai bulatan yang melingkungi (melingkari). Pengertian lainnya yaitu sekalian yang terlingkung di suatu daerah. Dalam kamus Bahasa Inggris peristilahan lingkungan ini cukup beragam diantaranya ada istilah circle, area, surroundings, sphere, domain, range, dan environment, yang artinya kurang lebih berkaitan dengan keadaan atau segala sesuatu yang ada di sekitar atau sekeliling. Dalam literatur lain disebutkan bahwa lingkungan itu merupakan kesatuan ruang dengan semua benda dan keadaan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya serta makhluk hidup lainnya. Lingkungan itu terdiri dari unsur-unsur biotik (makhluk hidup), abiotik (benda mati) dan budaya manusia. Lingkungan yang ada di sekitar anak- anak kita merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dioptimalkan untuk pencapaian proses dan hasil pendidikan yang berkualitas
Kelebihan lingkungan sebagai media pembelajaran
• Menghemat biaya, karena memanfaatkan benda-benda yang telah ada di lingkungan
• Memberikan pengalaman yang riil kepada siswa, pelajaran menjadi lebih konkrit, tidak verbalistik.
• Karena benda-benda tersebut berasal dari lingkungan siswa, maka benda-benda tersebut akan sesuai dengan karakteristik  dan kebutuhan siswa.  Hal ini juga sesuai dengan konsep pembelajaran kontekstual (contextual learning).
• Pelajaran lebih aplikatif, materi belajar yang diperoleh siswa melalui media lingkungan kemungkinan besar akan dapat diaplikasikan langsung,  karena siswa   akan sering menemui  benda-benda atau peristiwa serupa dalam kehidupannya sehari-hari.
• Media lingkungan memberikan pengalaman langsung kepada siswa.   Dengan media lingkungan, siswa dapat berinteraksi secara langsung dengan benda, lokasi atau peristiwa sesungguhnya secara alamiah.
• Lebih komunikatif, sebab benda dan peristiwa yang ada di lingkungan siswa biasanya mudah dicerna oleh siswa, dibandingkan dengan media yang dikemas (didesain).

Kelemahan lingkungan sebagai media pembelajaran
• Ada kesan dari guru dan siswa bahwa  kegiatan mempelajari linkungan memerlukan waktu yang cukup lama , sehingga menghabiskan waktu untuk belajar di kelas
• Sempitnya pandangan guru bahwa kegiatan belajar hanya terjadi di dalam kelas

Kesimpulan

1. Dari upaya pengklasifikasian dapat mengungkapkan karakteristik dan kriteria dari suatu media. Misalkan pada media grafis, media audio maupun media proyeksi diam dapat diliahat masing-masing karakteristik dari media tersebut
2. Pengklasifikasian media tidak sama dengan karakteristik dari suatu media karena karakteristik dari suatu media dapat diungkapkan dengan terlebih dahulu mengklasifikasikan dari suatu media.
3. Pemilihan media dapat dilakukan secara efektif jika kita mengetahui karakteristik dari suatu media baik itu melalui kelebihan maupun kelemahan dari suatu media.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s