Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Kehidupan Sosial


Era globalisasi saat ini merupakan era dimana banyaknya perkembangan teknologi yang berkembang pesat, contoh kecilnya dari segi komunukasi yang selalu berkembang dengan cepatnya seperti anak yang sedang belajar sekolah cepat naik kelas. Komunikasi dijadikan sarana untuk berkembangnya suatu negara karena dari komunikasi kita dapat mengerti perkembangan ataupun berita dari orang lain tanpa harus bertemu langsung. Dari segi positif sampai segi negatif terdapat di dalam perkembangan teknologi tersebut maka dari itu kita harus bisa mewaspadai sedini mungkin akibat dan dampak dari perkembangan teknologi khususnya di perkembangan komunikasi. Beberapa dari kita tahu HandPhone atau dengan bahasa gaul-nya adalah HP dari contoh simpel itu kita bisa menarik kesimpulan bahwa HP itu bisa menjadi alat bantu kita dalam berkomunikasi dari mulai telp dengan ber-Mobile juga bisa mengirim Pesan sampai mengirim beberapa contoh media. HP juga menjadi keburukan dari kita karena HP kita jadi malas ketemu dengan orangnya juga membuat kita mulai menjadi mulai memanfaatkan-nya, seperti Hidup tanpa HP seperti tidak makan nasi sehari bagi orang Indonesia, juga contohnya Internet. Internet menjadi gaya hidup orang-orang yang mengalami sosial di dalam Internet, banyak situs yang menjadi pusat komunikasi sosial seperti Friendster.com, Facebook.com, Carimuka.com, Yahoo messager, AOL, MSN situs-situs tersebut menjadi gaya hidup orang-orang. Banyak keuntungan yang bisa diambil dari situ dari mulai ngobrol, ngerumpi, kirim surat cepat dalam beberapa menit, melihat berita yang ter-Update, kirim foto, memasang foto, sampai beberapa media lainnya. Contoh real-nya banyak orang yang mencari Teman, sampai Pasangan.

Namun perkembangan teknologi komunikasi tidak dapat dipungkuri memiliki kekuatan yang sangat luar biasa sehingga mampu meng-influence kita untuk secara cepat memiliki dan mengetahuinya. Sekarang yang jadi permasalahannya adalah bagaimana kita menyikapi setiap perkembangan tersebut menjadi suatu hal yang positif yang mampu menjangkau setiap elemen masyarakat. Tidak dipungkiri bahwa elemen masyarakat dengan kelas sosial bawah belum tentu dapt menerima keberadaan perkembangan teknologi yang ada saat ini. Saat ini mulailah kita berpikir bagaimana perkembangan telnologi ini mampu menjangkau elemen bawah sehingga dapat digunakan secara efisien. Contohnya mulainya kegiatan komputer masuk di sekolah-sekolah pelosok. Ini merupakan hal positif yang membangun kecerdasan bangsa melalui generasi muda. Namun, tetap perlu diadakannya pembinaan dan penyuluhan tentang hal ini, supaya “tepat guna” apa yang sudah disediakan. Itu merupakan contoh positif yang terjadi di masyarakat yang berdampak pada legiatan-kegiatan di dalam masyarakat.
Adapun contoh negatif yang terjadi sebagai gejala sosial di masyarakat adalah ketika elemen masyarakat mulai mengerti dan paham tentang perkembangan teknologi yang ada. saat itulah masyarakat mulai mencari tahu segala sesuatu dan tidak menutup kemungkinan mereka dapat mengakses informasi-informasi yang berbau hal pornografi. karna kelemahan dari perkembangan teknologi internet adalah tidak ditentukannya segmentasi pengguna sehingga anak-anak dibawah umur pun mampu mengakses hal-hal yang tidak sepantasnya mereka dapatkan. disaat seperti inilah peran orang tua sangat mendukung adalah ketika mereka mulai lebih aktif mencari tahu dan mengamati, supaya perkembangan teknologi komunikasi ini tidak disalahgunakan bagi penggunanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s