Indra Pengecap dalam Lingkup Psikologi


Indra Pengecap
Sensasi dan Persepsi
Sensasi  ialah penerimaan stimulus lewat alat indra, sedangkan persepsi ialah menafsirkan stimulus yang telah ada didalam otak. (Mahmud, 1990: 41).  meskipun alat untuk menerima stimulus itu serupa pada setiap individu tapi cara interpretasinya berbeda.
Dua istilah yang dimana pemrosesan informasi yang diterima dari pengamatan yaitu sensasi dan persepsi.  Secara sederhana proses ini diartikan sebagai alat penerima dalam sejumlah rangsangan yang akan diteruskan ke otak yang kemudian menyeleksi rangsangan yang diterima. Sensasi dan persepsi pada dasarnya merupakan komponen pengamatan yang berbeda dalam keserhanaan prosesnya.
Alat – alat indra adalah bagian – bagian tubuh yang berfungsi untuk menerima rangsangan sesuai dengan modalitas masing – masing. Meskipun presepsi bukanlah sekedar penjumlahan informasi yang diterima dari alat – alat indra ini.

ü  Struktur Panca Indra
     Hanya ada empat rasa dasar, yaitu hanya empat molekul tertentu dimana satu atau lain neuron juga direspons lidah: pahit(punggung lidah, sebagian besar), manis (ujung lidah, sebagian besar), asin (bagian depan lidah, sebagian besar), asam (bagian belakang lidah, sebagian besar). Sebagaimana kita tahu, tidak ada batas-batas tegas disini, dan semua rasa bisa ditemukan hampir di setiap bagian lidah, dan bahkan beberapa bagian di dalam lidah dan bibir anda.
     Terdapat sekitar 10.000 pucuk perasa di lidah, yang diikat dalam papillae (benjolan di seluruh lidah anda). Pucuk-pucuk perasa itu adalah kumpulan badan neuron yang melapisi lubang-lubang kecil pada papillae, dan kelihatan seperti ikatan mikroskopis pisang-pisang. Molekul-molekul dari makanan yang kita makan tercampur dengan air liur dan menemukan jalan ke lubang-lubang kecil dan ke permukaan neuron. Seperti sebuah anak kunci yang masuk ke lubang kunci, molekul-molekul ini membuka pori-pori pada membrane sel dan memulai proses pembakaran neuron yang sangat mirip dengan cara yang dilakukan neurotransmitter diantara neuron-neuron.
ü  Mekanisme Panca Indra
Indra pengecap tedapat di lidah .stimulusnya merupakan benda cair. Zat cair itu menggenai ujung sel penerima yang terdapat pada lidah, yang kemudian di langsungkan oleh syaraf sensoris ke otak, hingga akhirnya orang dapat menyadari atau mempersepsi tentang apa yang di cecap itu.
Perhatikan juga bahwa lidah sangat sensitive untuk disentuh ( karena itu, ada ide tentang tekstur dalam makanan ) , dan untuk diukur suhunya, dan tentu saja sakit. Misalnya memiliki rasa tertentu di indra biasa, tetapi juga member kita sensasi sakit yang menyenangkan.
ü  Faktor yang Mempengaruhi dalam Indra Pengecap
Proses sensoris akan berlangsung dengan baik apabila memenuhi faktor – faktor sebagai berikut:
a. Keadaan indra pengecap yang sehat dan sempurna akan memengaruhi kesempurnaan proses sensoris.
b. Perhatian yang tertuju pada objeknya yang memudahkan persepsi dan apabila perhatian kurang akan mengganggu konsentrasi sehingga proses sensoris tidak sempurna.
c. Rangsangan yang sangat lemah ataupun sangat kuat akan mengganggu proses sensoris.
d. Saraf dan pusat saraf dalam keadaan baik dan sehat.
Daftar Pustaka
     1.  ( prof. Dr. Bimo Walgito,1989, pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: penrbit ANDI )
     2.  (Abdul Rahman Shaleh, 2004, PSIKOLOGI: Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta, kencana prenada media group
3.  ( Dr. C. George Boeree,2007, General psychology, Yogyakarta : prisma sophie )
         Judul : Proses Sensoris. Diunduh pada : 14 Oktober 2010, 17:35 WIB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s