model assure pada siswa SMP


ANALYZE LEARNERS

     Karakteristik Umum
Para siswa yang akan kita teliti ini yaitu kelas 2 SMP yang berumur 14-15 tahun. Mayoritas para siswa berkelakuakn baik karena para siswa datang dari lingkungan ekonomi social menengah.

     Kemampuan Dasar
Kemampuan dasar yang dimiliki siswa yaitu:
1.    Siswa sudah dapat mengetahui sejarah computer
2.    Siswa sudah dapat mengetahui beberapa software dan hardware dari computer.
3.    Siswa sudah dapat menjelaskan fungsi dari beberapa software dan hardware dari computer.
   
     Gaya Belajar
Para siswa tidak menyukai pembelajaran yang bersumber dari buku (hanya berupa penejelasan dari guru) dikarenakan pembelajaran seperti terlalu membosankan. Para siswa cenderung lebih menyukai pembelajaran melalui media visual.

STATE OBJECTIVE

     Tetapkan ABCD
Audience
Untuk mencapai tujuan yang maximal audience diharapkan mengikuti instruksi guru mata pelajaran.
Audience sebelum mengikuti mata pelajaran TIK diharapkan sudah mengerti software dan hardware dalam computer berserta fungsinya.

Behaviour
Mampu mengaplikasikan dan menghasilkan karya dari perangkat lunak pengolah kata.

Conditional
Pembelajaran dimungkinkan terjadi apabila kondisi kelas kodusif dan sarana dan prasarananya memadai sehingga proses KBM dapat berjalan dengan lancar dan tujuan pembelajarannya tercapai.

Degree
–    Siswa mampu menunjukkan daftar menu ikon pada perangkat lunak program pengolah kata.
–    Siswa mampu menyebutkan fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata.
–    Siswa mampu menunjukkan cara penggunaan menu dan icon pada perangkat lunak pengolah kata.
–    Siswa dapat membuat dokumen sederhana  dengan menggunakan perangkat lunak pengolah kata.

Klasifikasi Tujuan

–    Siswa mampu mengoprasikan perangkat lunak pengolah kata (Ms. Word)
–    Siswa dapat menghasilkan suatu karya berupa dokumen sederhana dengan menggunakan perangat lunak  pengolah kata (Ms. Word)

SELECT METHODS , MEDIA AND MATERIAL

Metode ceramah plus demonstrasi dan latihan

Metode ini adalah merupakan kombinasi antara kegiatan menguraikan materi pelajaran dengan kegiatan memperagakan dan latihan (drill). Metode ini memiliki urutan atau tahapan dalam penyampaian materi kepada para siswa yaitu sebagai berikut:
1.    Tahap awal guru memberikan materi mengenai materi. Misal: guru menjelaskan mengenai komponen apa saja yang terdapat dalam  perangkat lunak pengolah kata (Ms. Word), seperti macam-macam dan fungsi dari ikon-ikon yang terdapat dalam toolbar.
2.    Tahap kedua guru mendemontrasikan bagaiman langkah-langkah mengoperasikan program. Missal: Guru mendemostrasikan bagaimana cara mengatur ukuran dan bentuk  huruf pada peragkat lunak pengolah kata ( Ms. Word).
3.    Dan pada tahap akhir siswa diberikan latihan berupa soal praktik sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh guru. Misal: Siswa diberi tugas untuk membuat dokumen sederaha dengan perangkat lunak pengolah kata (Ms.Word)

Media

Media yang digunakan dalam model pembelajaran ini adalah computer dan LCD pronyektor. Dalam model pembelajaran ini computer merupakan media yang paling penting dalam proses pembelajaran karena dalam pembelajaran TIK dalam setiap materi yang diajarkan pasti memerlukan latihan berupa praktik langsung bomenggunakan  computer untuk menerapkan materi yang diajarkan oleh guru. Selain itu untuk menunjang kegiatan pembelajaran guru menggunakan LCD proyektor untuk menampilkan slide presentasi karena susuai dengan analisis pelajar siswa lebih menyukai pembelajaran menggunakan media visual  sehingga dalam setiap pembelajaran guru menyiap slide presentasi yang di dalamnya terdapat gambar-gambar yang dapat menarik perhatian siswa dan pada akhir pembelajaran guru memberikan handout dari presentasi itu kepada siswa untuk belajar di rumah. Selain utuk menampilkan slide presentasi LCD juga digunakan guru untuk mendemonstrasikan langkah-langkah dalam pengoprasian perangkat lunak pengolah kata.

Materi
Materi yang diajarkan dalam mata pelajaran TIK kelas VIII Semester I adalah sebagai berikut :
1.    Pengenalan terhadap perangkat lunak pegolah kata (Ms. Word)
2.    Langkah memulai dan mengakhiri program pengolah kata  ( Ms. Word)
3.    Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata (Ms. Word)
4.    Menjelaskan fungsi-fungsi dari menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata (Ms. Word)
5.    Menggunakan menu dan ikon pokok dalam pembuatan dokumen dengan perangkat lunak pengolah kata (Ms. Word)
6.    Membuat dokumen sederhana dengan perangkat lunak pengolah kata (Ms. Word)

UTILIZE MEDIA AND MATERIALS

Pembelajaran TIK kelas VIII Kelas 1 dilakukan/ dilaksanakan di Laboratorium Komputer. Materi yang disampaikan oleh guru menggunakan metode cerama plus demostrasi dan latihan, dalam metode ini guru menjelaskan terlebih dahulu mengenia materi yang akan di bahas, setelah itu guru mendemonstrasikan langkah-langkah pengoperasian perangkat lunak  yang dibahas, sehingga lebih mudah mengerti terhapad materi yang di bahas. Dan dalam setiap guru mendemonstrasikan  materi guru menggunakn LCD proyektor untuk menampilakan slide presentasi  supaya siswa lebih paham dan jelas terhadap materi tersebut. Jadi guru menyampaikan sambil siswa mempraktekkannya.

REQUIER  LEARNER PARTICIPATION

Teori yang digunakan dalam mata pelajaran TIK kelas VIII semester I pada uraian diatas adalah konstruktivis, karena pengetahuan yang diterima pembelajar akan lebih berarti dan bertahan lama di kepala jika mereka mengalami langsung setiap aktivitas dalam proses pembelajaran, artinya pelajaran dimulai guru membahas materi yang akan disampaikan sebelum menggunakan media computer langsung misalkan:
1.    Guru menjelaskan materi
Sebelum siswa berhadapan langsung dengan computer, siswa akan diberikan materi oleh guru sebagai pengantar sebelum belajar langsung dengan computer.
2.    Praktikum
    Pembelajaran siswa akan terasa berbeda bila dihadapkan dengan kondisi yang berbeda pula, seperti praktikum di Laboratorium Komputer, dengan sarana parsarana yang memadai siswa mencoba menerapkan langsung materi yang diterima dengan  menggunakaan media computer.
3.    Tugas Praktikum
    Setelah melakukan kegiatan praktikum siswa akan diberikun tugas oleh guru berupa tugas praktik membuat dokumen sederhana menggunakan perangkat lunak pengolah kata  (Ms. Word)
4.    Kesimpulan
    Setelah siswa belajar selama satu semester pada kelas VIII dengan mata pelajaran TIK ini siswa mampu menjelaskan macam-macam dan fungsi-fungsi dari menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata (Ms. Word) serta dapat menerapkannya dalam pembuat dokumen sederhan dengan perangkat lunak tersebut.

EVALUATE AND REVISE

Untuk mengetahui apakah siswa tersebut sudah mengerti atau belum tentang materi yang sudah diberikan, maka guru memanggil satu persatu  siswa untuk diberikan perntanyaan. Format yang digunakan adalah guru memeberikan 3 pertanyaan kepada siswa. Apabila siswa tersebut bisa menajawab semua perntanyaan, maka siswa tersebut dianggap berhasil menyerap materi yang dibahas. Begitu pula apabila siswa tersebut hanya bisa menjawab 2 pertanyaan, maka siswa tersebut berhasil. Akan tetapi, apabila hanya bisa menjawab 1 pertanyaan saja atau bahkan tidak bisa menjawab pertanyaan maka siswa tersebut dinyatakan gagal dalam materi tersebut. Dengan kata lain, siswa tersebut diwajibkan menjawab 2 pertanyaan dengan benar agar bisa dianggap berhasil menerima materi yang telah diberikan. Selain diberi pertanyaan siswa juga disuruh menerapkan  atau mempraktikkan apa yang meraka dapat dari materi yang telah diajarkan dengan membuat dokumen dengan perangkat lunak pengolah angka (Ms. Word) dengan 1 orang 1 komputer selama 45 menit kemudian siswa menyimpankan pada folder yang telah ditentukan oleh guru, kemudia guru mengecek setelah praktikum tersebut selesai. Apabila terdapat keselahan minimal 5 kesalahan maka dikatakan berhasil dan apabila lebih dari 5 kesalahan maka dapat dikatakan tidak berhasil.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s