POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL


Kata ‘plitik’berasal dari bahasa Yunani ‘Politeia’dengan akar kata ‘polis’yang berarti Negara dan ‘teia’yang berarti urusan. Dalam bahasa Indonesia politik (politics) mempunyai makna kepentingan umum warga Negara suatu bangsa. Politik merupakan suatu rangkaian asas, prinsip, keadaan, jalan, cara dan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu yang kita kehendaki.
Politic dan policy memiliki hubungan erat dan timbale balik. Politic memberikan asas, jalan, arah dan medannya, sedangkan policy memberikan pertimbangkan cara pelaksanaan asas, jalan dan arah tersebut dengan cara sebaik-baiknya.
Dengan demikian politik dikatakan sebagai berbagai kegiatan dalam suatu Negara yang berkaitan dengan proses menetukan tujuan dan upaya-upaya dalam mewujudkan tujuan tersebut.
Perlu di ingat bahwa penentuan kebijakan umum, peraturan maupun alokasi sumber-sumber yang ada memerlukan kekuasaan dan wewenang. Ini memainkan peran yang sangat penting dalam pembinaan kerjasama dan penyelesaian konflik yang mungkin muncul dalam proses pencapaian tujuan. Dengan demikian politik akan membicarakan hal-hal tentang Negara (state), kekuasaan (power), pengambilan keputusan (decision making). Kebijakan (policy), pembagian (distribusi) atau alokasi sumber daya (allocation).
·         Negara adalah suatu organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan yang ditaati oleh rakyat.
·         Kekuasaan adalah kemampuan sesorang atau kelompok untuk mempengaruhi tingka laku sesorang atau sekelompok orang sesuai keinginan dari pelaku. Dalam politik yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kekuasaan ini diperoleh, bagaimana melaksanakan dan bagaimana memeprtahankannya.
·         Keputusan adalah membuat pilihan diantara beberapa alternative. Pengambilan keputusan merupakan aspek utama dalam politik. Jadi, politik adalah pengambilan keputusan melalui saran umum.
·         Kebijakan adalah kumpulan keputuasn yang diambil oleh seseorang atau kelompok politik dalm upaya memilih tujuan dan cara untuk mencapainya.

1.      Pengertian Strategi
Strategi berasal dari bahasa Yunani ‘strategia’yang diartikan sebagai ‘the art of the general’atau seni seorang panglima dalam peperangan. Karl Von Clausewitch (1780-1831) mengartikan strategi sebagai pengetahuan tentang penggunaan pertempuran untuk memenangkan perang. Antoine Henri Jomini (1799-1869) mengartikan strategi sebagai seni menyelenggarakan perang diatas peta dan meliputi seluruh kawasan operasi.
Kata strategi banyak digunakan dalam bidang, seperti ekonomi,olahraga dan lain-lain. Sehingga pengertian umum strategi adalah cara untuk mendapatkan kemenangan atau pencapaian tujuan. Strategi pada dasarnya merupakan suatu kerangka rencana dan tindakan yang disusun dan disiapkan dalam suatu rangkaian pentahapan yang masing-masing merupakan jawaban terhadap tantangan baru yang terjadi
2.      Politik dan Strategi Nasional
Politik nasional diartikan sebagai kebijakan umum dan pengambilan kebijakan untuk mencapai suatu cita-cita dan tujuan nasional. Defines politi nasional adalh asas, haluan, usaha serta kebijaksanaan Negara tentang pembinaan (perencanaan, pengembangan, pemeliharaan dan pengendalian) serta penggunaan kekuataan nasional. Strategi nasional disusun untuk pelaksanaan politik nasional, misalnya strategi jangka panjang, jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Jadi strategi nasional adalah cara melaksanakan politik nasional dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan oleh politik nasional.
Hakikat politik dan strategi nasional (polstranas) adalah komitmen untuk mewujudkan suatu tahap dari cita-cita nasional dan untuk mencapai suatu thap dari tujuan nasional. Tahap yang dimaksud adalah tiha jangkauan waktu, yaitu jangka panjang (25 tahun), jangka sedang (5 tahun) dan jangka pendek (1 tahun). 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s