hirarki tujuan pendidikan di Indonesia


Tujuan pendidikan nasional dapat dirumuskan dalam dokumen resmi Negara dalam hal ini GBHN dan UU pendidikan nasional yang bersifat filosofi dan politis dan dapat berlaku dalam mencakup system pendidikan secara keseluruhan dan hal itu bersifat umum.
Tujuan institusional atau kelembagaan yang dapat dirumuskan dalam UU pendidikan dan peraturan pemerintah yang termasuk kebijaksanaan menteri pendidikan nasional yang bersifat kelembagaan TK, SD, SLPT, SMA, Perguruan tinggi, kursus-kursus dan sebagainya. Dalam hal ini berlaku untuk masing-masing jenjang pendidikan, yag rumusannya dikhususkan pada sasaran pendidikan lembaga masing-masing.
Tujuan kurikuler dirumuskan dalam buku kurikulum dalam masing-masing mata pelajaran yang terbatas untuk mata pelajaran pada jenjang pendidikan tertentu misalnya IPS SD, Matematika SLTP, Biologi SMA yang berlaku pada jenjang pendidikan tertentu yang tertuju pada hasil belajar.
Tujuan institusional atau kelembagaan pendidikan mencerminkan perilaku umum hasil belajar pokok bahasa tertentu pada jenjang pendidikan tertentu secara individual atau klasikal menurut kajian pengembangan kurikulum.
Tujuan instruksional khusus mencerminkan perilaku spesifik yang segera dapat dipertunjukkan pada akhir proses belajar yang bersifat individual atas dasar pertimbangan guru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s