kaitan antara pengertian kurikulum yang tercantum dalam UU RI NO:20 tahin 2003 tentang system pendidikan nasional dan PP NO:19 tahun 2005 tentang SNP


Sangat erat karena dilihitah dari pegertian kurikulum tahun 2003 kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,isi,dan bahan pelajaran serta cara yang di gunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu sedangkan tahun 2005 kurikulum adalah seperangkat rencana dan pegaturan mengenai tujuan,isi,dan bahan pelajara serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Jadi sebagian isinya mengatur dan menjelaskan tentang standar isi. Dalam standar isi ada aturan dan penjelasan tentang kurikulum. Kurikulum tersebut adalah KTSP. SNP sendiri adalah criteria minimal tentang system pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tujuan SNP adalah menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang martabat. Sedangkan fungsi SNP adalah sebagai dasar dalam perencanaan,pelaksanaan,dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu.
Untuk penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan sesuai dengan SNP dilakukan evaluasi,akreditasi dan sertifikasi. Salah satu sertifikasi adalah sertifikasi guru (pendidik).
Dalam UU SISDIKNAS dalam bab IX tentang SNP pasal 35 dan PP RI Nomor 19 tahun 2005 bab II tentang lingkup,fungsi dan tujuan pasal 2 menyebutkan  bahwa lingkup SNP pendidikan meliputu:
1.      Standar isi;
2.      Standar proses;
3.      Standar kompetensi lulusa;
4.      Standar pendidik dan tenaga kependidikan;
5.      Standar sarana dan prasarana;
6.      Standar pengelolaan;
7.      Standar pembiayaan; dan
8.      Standar penilaian pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s