Modul


Modul merupakan Satu unit program pembelajaran yang  terencana, didesain guna membantu peserta mencapai tujuan pelatihan dan dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta pembelajaran


Pembelajaran dengan modul adalah pendekatan pembelajaran mandiri yang berfokuskan penguasaan kompetensi dari bahan kajian yang dipelajari peserta didik dengan waktu tertentu sesuai dengan potensi dan kondisinya.


Ciri – Ciri Modul

Unit pembelajaran terkecil yang direncanakan dan ditulis secara sistematis dan operasional.
Dirancang  sehingga memungkinkan siswa dapat belajar sendiri seoptimal mungkin.
Dirancang sehingga penilaian terhadap kemajuan siswa dapat dilakukan secara cermat melalui evaluasi setiap akhir unit pelajaran.
Dirancang sehingga siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan belajarnya masing-masing.
Dirancang berdasarkan ketuntasan adalah 75 %.
Prinsip- Prinsip Pembelajaran dengan Modul:
Hasil belajar yang menjadi tujuan pembelajaran
Tes untuk menentukan Pencapai tujuan pembelajaran
Bahan Ajar
Umpan Balik
Komponen – Komponen Modul dalam Pembelajaran:
Pendahuluan
Tujuan Pembelajaran
Tes Awal
Pengalaman Belajar
Sumber Belajar
Tes Akhir
Manfaat Modul:
Mengatasi kelemahan sistem pengajaran tradisonal
Meningkatkan motivasi belajar
Meningkatkan kreatifitas pelatih dalam mempersiapkan pemebelajaran individual
Mewujudkan prinsip maju berkelanjutan
Mewujudkan belajar yang berkonsentrasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s