Pengertian aspek-aspek disetiap domain menurut B.S.BLOOM.dkk


a.       Domain Kognitif

Kognitif adalah tujuan pendidikan yang berhubungan dengan kemampuan intelektual seperti mengingat dan memecahkan masalah. Domain kognitif terbagi menjadi 6 tingkatan yaitu; pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehension), penerapan (application), analisa, sintesis dan evaluasi.

b.      Domain Afektif

Afektif berkenaan dengan sikaf, nilai-nilai dan afresiasi. Domain ini memiliki tingkatan, yaitu; penerimaan, merespon, menghargai, mengorganisasi dan karakterisasi nilai.

c.       Domain Psikomotor

Psikomotor adalah tujuan yang berhubungan dengan kemampuan keterampilan atau skill seseorang. Dan tingkatannya yaitu ; persepsi (perception), kesiapan, meniru (imitation), membiasakan (habitual), menyesuaikan (adaption) dan menciptakan (organization).

Menurut Bloom.Bukunya Taxonomy of Educational Objectives terbitan 1965.
a.       Domain Kognitif
1.      Pengetahuan (Knowledge)
Yaitu kemampuan mengingat kembali apa yang pernah didapat. Dalam hal ini menyangkut pengetahuan berupa:
a.       Hal-hal khusus,simbolis dari suatu yang konkrit
b.      Istilah,symbol yang telah diketahui umum
c.       Fakta khusus,seperti nama,tanggal,dsb
d.      Cara atau alat
e.       Konvensi-konvensi
f.       Kecenderungan dan urutan
g.      Klasifikasi dan kategori
h.      Tolok ukur atau standar
i.        Metodelogi
j.        Hal-hal umum berupa abstrak di lapangan
k.      Prinsip-prinsip dan generalisasi
2.      Pemahaman (Comprehension)
Pengertian terhadap sesuatu beserta konsekuensinya. Kemampuan ini menyangkut:
a.       Penerjemahan yaitu verbalisasi atau sebaliknya
b.      Penafsiran,keterangan tentang sesuatu
c.       Ekstrapolasi yaitu pegertian tenteng  kecenderungan,implikasi,akibat pengaruh dan sebagainya.
3.      Aplikasi (Application)
Yaitu penggunaan abstraksi dalam situasi khusus dan konkrit.
4.      Analisa (Analysis)
Yaitu pemecahan suatu ide ke dalam unsur-unsur atau bagian-bagian sedemikian rupa sehingga hirarki dan hubungan ide menjadi jelas. Terdiri dari :
a.       Analisis unsur-unsur
b.      Analisis hubungan-hubungan
c.       Analisis terhadap prinsip yang terorganisasi
5.      Sintesis (Synthesis)
Yaitu memadukan bagian-bagian / unsur menjadi keseluruhan. Di sini termasuk :
a.       Membuat kesimpulan yang unik
b.      Membuat suatu rencana
c.       Menurunkan seperaangkat hubungan-hubungan abstrak
6.      Evaluasi (Evaluation)
Yaitu pertimbangan yang diberikan kepada nilai materi atau metode untuk maksud tertentu. Termasuk disini adalah :
a. pertimbangan terhadap ketepatan logis dan kosisten
b.pertimbangan dengan tolok ukur eksternal
b.      Domain Efektif
1. Penerimaan (Receiving), yaitu kepekaan terhadap rangsangan atau fenomena tertentu. Termasuk dalam hal ini adalah :

a. Keasaran (Awareness)

b. Keikhlasan menerima (Willingness to receive)

c. Perhatian yang terarah atau terpilih (controlling or selected attention)

2. Penanggapan (Responding), yaitu dorongan untuk memberikan tanggapan kepada suatu fenomena atau rangsangan. Termasuk dalam hal ini adalah :

a. Izin untuk merespon (acquscence in responding)

b. Keikhlasan untuk merespon (willingness to response)

c. Kepuasan di dalam merespon (satisfaction in response)

3. Penghargaan (Valuing), rasa hormat kepada suatu fenomena atau nilai tertentu. Termasuk di sini adalah :

a. Penerimaan terhadap nilai (acceptance of value)

b. Preferensi nilai (preference of value)

c. Keterlibatan (commitment)

4. Pengaturan (Organizing), yaitu penentuan hubungan antara nilai-nilai atau sikap-sikap dalam suatu situasi. Termasuk dalam hal ini adalah :

a. Konseptualisasi nilai (conceptualization of value).

b. Organisasi nilai (organization of value system).

5. Karakterisasi nilai atau seperangkat nilai (characterization by Value or Value Complex), yaitu proses apresiasi dan internalisasi nilai. Hal ini meliputi:

a. Himpunan yang tergeneralisasi (generalized set)

b. Karakterisasi (characterization)

c.       Domain Psikomotorik

1. Penerimaan (Receiving), yaitu kepekaan terhadap rangsangan atau fenomena tertentu. Termasuk dalam hal ini adalah :

a. Keasaran (Awareness)

b. Keikhlasan menerima (Willingness to receive)

c. Perhatian yang terarah atau terpilih (controlling or selected attention)

2. Penanggapan (Responding), yaitu dorongan untuk memberikan tanggapan kepada suatu fenomena atau rangsangan. Termasuk dalam hal ini adalah :

a. Izin untuk merespon (acquscence in responding)

b. Keikhlasan untuk merespon (willingness to response)

c. Kepuasan di dalam merespon (satisfaction in response)

3. Penghargaan (Valuing), rasa hormat kepada suatu fenomena atau nilai tertentu. Termasuk di sini adalah :

a. Penerimaan terhadap nilai (acceptance of value)

b. Preferensi nilai (preference of value)

c. Keterlibatan (commitment)

4. Pengaturan (Organizing), yaitu penentuan hubungan antara nilai-nilai atau sikap-sikap dalam suatu situasi. Termasuk dalam hal ini adalah :

a. Konseptualisasi nilai (conceptualization of value).

b. Organisasi nilai (organization of value system).

5. Karakterisasi nilai atau seperangkat nilai (characterization by Value or Value Complex), yaitu proses apresiasi dan internalisasi nilai. Hal ini meliputi:

a. Himpunan yang tergeneralisasi (generalized set)

b. Karakterisasi (characterization)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s