Direct Instruction


Direct Instruction ( Model Pengajaran Langsung ) Adalah salah satu pendekatan mengajar yang     dirancang khusus untuk menunjang proses belajar      siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah.
Kardi (1997:3) berpendapat bahwa pengajaran langsung dapat berbentuk ceramah, demonstrasi, pelatihan atau praktek, dan kerja kelompok. Pengajaran langsung digunakan untuk menyampaikan pelajaran yang ditransformasikan langsung oleh guru kepada siswa. 
Pengetahuan Deklaratif ( dapat diungkapkan dengan kata – kata ). Adalah pengetahuan tentang sesuatu. Pengetahuan ini juga termasuk tentang menghafal suatu rumus, atau suatu bahasan yang konkret.
Pengetahuan deklaratif menginginkan siswa untuk “mengerti” atau “memahami” materi pembelajaran atau konten. Kata-kata yang biasa digunakan untuk materi pembelajaran deklaratif diantaranta adalah menjelaskan, menggambarkan, meringkas, menampilkan daftar.
Pengetahuan Prosedural Adalah pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu.

Tujuan Pengajaran Langsung 
Model pengajaran langsung dikembangkan untuk mengefisienkan materi ajar agar sesuai dengan waktu yang diberikan dalam suatu periode tertentu dan untuk menciptakan lingkungan belajar terstruktur dan berorientasi pada pencapaian akademik. Dengan model ini cakupan materi ajar yang disampaikan lebih luas dibandingkan dengan model-model pembelajaran yang lain. 
Ciri – ciri Direct Instruction ( Model Pengajaran Langsung )
Adanya tujuan pembelajaran dan pengaruh model pada siswa termasuk prosedur penilaian belajar.
Sintaks atau pola keseluruhan dan alur kegiatan pembelajaran
Sistem pengelolaan dan lingkungan belajar model yang diperlukan agar kegiatan pembelajaran tertentu dapat berlangsung dengan berhasil
Kelebihan-Kelebihan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung 
1. Dapat diterapkan secara efektif dalam kelas yang besar maupun kecil.
2.Dengan model pembelajaran langsung, guru mengendalikan isi materi dan urutan informasi yang diterima oleh siswa sehingga dapat mempertahankan fokus mengenai apa yang harus dicapai oleh siswa.
3.Dapat menjadi cara untuk menyampaikan informasi yang banyak dalam waktu yang relatif singkat yang dapat diakses secara setara oleh seluruh siswa.
4.Model pembelajaran langsung dapat digunakan untuk membangun model pembelajaran dalam.
Keterbatasan-Keterbatasan Model Pembelajaran Langsung 
  1. Karena siswa hanya memiliki sedikit kesempatan untuk terlibat secara aktif, sulit bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial dan interpersonal mereka.
  2. Karena guru memainkan peran pusat dalam model ini, kesuksesan strategi pembelajaran ini bergantung pada image guru. Jika guru tidak tampak siap, berpengetahuan, percaya diri, antusias, dan terstruktur, siswa dapat menjadi bosan, teralihkan perhatiannya, dan pembelajaran mereka akan terhambat.
  3. Model pembelajaran langsung sangat bergantung padagaya komunikasi guru. Komunikator yang buruk cenderung menghasilkan pembelajaran yang buruk pula dan model pembelajaran langsung membatasi kesempatan guru untuk menampilkan banyak perilaku komunikasi positif 

Penerapan TekKomPend Dalam Direct Instruction
Penerapan teknologi komunikasi pendidikan dalam direct instruction sebagai contoh adalah dalam proses pembelajaran terhadap siswa,guru harus lebih memahami bagaimana kemampuan penerapan siswa dalam menerima materi yang disampaikan. Apabila salah satu cara tersebut tidak bisa di terapkan kepada peserta didik tersebut, maka guru harus mencari suatu cara yang baru agar bisa diterima oleh peserta didik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s